Minggu, 06 Januari 2013

11 Masjid Terindah di Dunia(Versi GMC)

Islam merupakan salah satu agama terbesar dan terbanyak pengikutnya di dunia.Wajar jika kita sering melihat masjid-masjid di berbagai belahan dunia.Dari sekian banyak bangunan masjid tersebut,ada beberapa di antaranya yang memiliki keindahan di atas yang lainnya


Berikut 11 masjid terindah didunia menurut uleelheu.blogspot.com:

11.Masjid Jamek,Kuala Lumpur,Malaysia

Kuala Lumpur, Masjid Jamek

Dibangun pada tahun 1909, dan merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak yang merupakan tempat asal muasal kota Kuala Lumpur. Bangunan dari masjid ini terinspirasi dari seni bangunan Mogul, dari bagian Utara India.


10.Masjid Umayyah, Damascus, Syria


Masji Umayyah juga dikenal sebagai Masjid Agung Damascus. Bangunan dari masjid ini sangat kokoh dan mengagumkan. Beberapa bagian dari masjid ini berhiaskan mozaik emas serta mempunyai design yang sangat megah. Masjid Umayyah ini pernah mengalami restorasi besar pada tahun 1929 walaupun saat itu UNESCO sempat mengecam proyek restorasi ini.


9. Masjid Grand Al Fateh, Doha, Qatar


Masjid Al Fateh merupakan salah satu masjid terbesar di dunia karena bisa menampung lebih dari 7000 jama'ah dalam waktu yang bersamaan. Kubah dari masjid ini terbuat dari fiberglass murni yang berbobot lebih dari 60 ton. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata namun masjid ini tertutup bagi para wisatawan pada hari Jum'at

8.Masjid Agung,Roma,Italia


Masjid Agung Roma merupakan satu - satunya masjid resmi yang berada di Italy, meskipun tempat untuk berdoa darurat lainnya juga tersebar di berbagai kota. Imigram muslim bersemangat untuk membangun masjid ini walaupun menemui perlawanan dari penduduk setempat




7.Masjid Raya Baiturrahman,Banda Aceh,Indonesia


Masjid yang terletak di tanah air Indonesia ini dulunya merupakan masjid kesultananan Aceh. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah dan kegiatan keagamaan, Masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata di Aceh.


6. Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo


Mesjid Muhammad Ali Pasha atau dikenal dengan nama Mesjid Alabaster merupakan sebuah masjid yang terletak di dalam Benteng Kairo di Mesir. Sesuai namanya, Masjid ini di bangun atas perintah Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 dan 1848.
Terletak di puncak benteng, masjid Utsmani ini, dengan siluet animasi dan dua menara kembar, merupakan masjid yang paling terlihat di Kairo. Masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yang meninggal pada 1816. Bersama dengan benteng, masjid ini juga dijadikan salah satu landmark dan tujuan wisata di Kairo dan merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota dari sisi mana pun.


5.Masjid Sultan Mosque,Singapura


Masjid Sultan , terletak di Muscat Street and North Bridge Road di Kampung Glam Kabupaten Rochor Perencanaan Wilayah di Singapura. Masjid dianggap salah satu yang paling penting masjid di Singapura. Doa aula dan domes menyorot dari masjid fitur star.

Masjid Sultan telah tinggal dasarnya tidak berubah sejak dibangun, hanya dengan perbaikan dilakukan untuk ruang utama di tahun 1960 dan lampiran yang ditambahkan pada tahun 1993 . Ia tetapkan sebagai monumen nasional pada tanggal 14 Maret 1975.


4.Masjid Faisal,Islamabad,Pakistan



Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dan terletak di Ibukota Pakistan - Islamabad. Selain itu, masjid ini juga diklaim sebagai salah satu masjid terbesar di dunia. Nama masjid ini diambil dari nama seorang raja dari Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdul Azis. Beliau lah yang mendukung serta membiayai proyek pembangunan masjid ini.

3.Masjid Ahmed,Istanbul,Turki



Masjid Sultan Ahmad dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M selama pemerintahan Sultan Ahmas 1. Masjid ini merupakan masjid Nasional Turki, dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya.

2.Masjid An-Nabawi,Madinah,Arab Saudi


Diposisi runner-up ditempati oleh Masjid An-Nabawi,sering disebut juga sebagai Masjid Nabi, salah satu alasannya adalah masjid ini merupakan temapat peristirahatan terakhir dari Nabi umat Islam Muhammad SAW. Selain disebut sebagai Masjid Nabi, Masjid ini juga  dianggap masjid paling suci kedua  bagi umat Islam.
Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, tempat makam Nabi Muhammad SAW berada. Bangunan asli dari masjid ini adalah bangunan yang terbuka. Masjid ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan masyarakat, pengadilan serta sebuah sekolah agama.

1.Masjidil Haram,Mekkah,Arab Saudi



Diposisi pertama tentu sudah jelas dan sudah dapat diprediksi sebelumnya
Masjid Al Haram (masjid suci, juga dikenal sebagai Al-Haram Masjid, Haram Al Sharif, Masjid Al Sharif dan Haram) di Mekah, Arab Saudi. Merupakan masjid tersuci di dunia dan menjadi tujuan utama dari pelaksanaan ibadah haji.

Masjid yang berdiri diatas area seluas 356.800 meter persegi  dan dapat menampung hingga 820.000 jama'ah selama musim haji. Masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang tidak memiliki arah kiblat, karena orang Islam berdoa menghadap Ka'bah yang berada di tengah-tengah masjid


Sumber:


3 komentar:

  1. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERKATI HAMBANYA YANG MEMBANGUN MASJID MEGAH TERSEBUT AMIN. DAN SAYA DI BERI KESEMPATAN UNTUK BERIBADAH DI MASJID-MASJID TERSEBUT AMIN

    BalasHapus
  2. @PA.UMMI KALSUM:Amin gan hehe,thanks sebelumnya udah berkenjung di blog ini.Jangan lupa kunjungi blog ane lagi lain waktu gan :D

    BalasHapus
  3. Masjid boleh bagus, lebih bagus lagi kalau jama'ahnya banyak,. Semoga Allah selalu meridloi kita semua.... Amiin

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan cerdas dan bijak.Diharapkan anda tidak berkomentar dengan komentar yang berbau sara,rasis,dll
Terima kasih