Senin, 08 Juli 2013

5 Masjid Favorit di Bulan Ramadhan[Banda Aceh]

Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan tiba,bulan suci yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di dunia ini identik dengan salat Tarawih.Ya,salat sunah yang hanya ada di bulan Ramadhan ini menjadi salah satu ibadah yang paling sering dilakukan oleh umat muslim tak terkecuali umat muslim yang bertempat tinggal di Banda Aceh.
Berikut beberapa masjid yang paling banyak dikunjungi umat muslim di Banda Aceh untuk melaksanakan salat Tarawih ini:


Masjid Raya Baiturrahman
Masjid ini sepatutnya memang harus dikunjungi ketika Ramadhan tiba. Bagi Anda yang ingin melaksanakan salat tarawih, sebaiknya anda datang lebih awal karena masjid ini akan sangat penuh ketika salat Tarawih terlebih lagi ketika minggu-minggu pertama, jamaah masjid ini tumpah ruah hingga ke halaman luar. Letaknya strategis di tengah kota, menjadikannya konsentrasi warga dari berbagai wilayah. Di Masjid ini pelaksanaan salat tarawih terbagi dua yaitu 8 rakaat dan 20 rakaat, yang kemudian ditutup 3 rakaat witir. Di Masjid ini juga tersedia takjil atau menu berbuka puasa.

Masjid Al-Makmur, Lampriet
Masjid ini kerap disebut Masjid Oman atau yang lebih populer disebut Masjid Agung, mengingat pasca tsunami masjid ini dibangun ulang oleh pemerintah negara Oman. Letaknya tepat di perempatan jalan menuju arena Pekan Kebudayaan Aceh, Lampriet. Masjid ini bisa dikatakan salah satu masjid yang lantainya dibentangi karpet tebal di kota Banda Aceh.
Anda tak perlu lagi membawa sajadah. Seperti kebiasaan, di masjid ini salat tarawih dilaksanakan 8 rakaat, dilanjutkan 3 rakaat witir. Interior yang mewah dan sejuk, menjadikan masjid ini salah satu incaran salat tarawih di bulan Ramadhan. Bagi Anda yang mungkin datang terlambat, Anda bisa beribadah di lantai dua masjid.

Masjid Darul Falah, Kampung Pineung
Masjid desa ini letaknya tak seberapa jauh dari SMAN 8, Banda Aceh. Masjid ini melaksanakan salat tarawih 8 rakaat. Masjidnya luas dengan lantai marmer. Dinding mesjid dibingkai dengan pola kerawang, sehingga angin bebas masuk dan mesjid terasa sejuk. Halaman parkir yang luas memudahkkan Anda memarkirkan kendaraan. Masjid ini kerap menghadirkan penceramah-penceramah terbaik.

Mushalla Markaz Da’wah Al-Ishlah, Beurawe
Mushalla ini letaknya bersebelahan dengan SDIT Nurul Ishlah. Untuk menuju kemari, Anda harus melewati lorong kecil di sebelah kantor Imigrasi Banda Aceh. Mushalla ini letaknya di lantai dua sebuah gedung pengajian. Bagi Anda yang ingin menamatkan Alquran selama bulan Ramadhan, tidak salahnya untuk salat tarawih di sini. Sebab di sini setiap malamnya menamatkan satu juz Alquran. Biar lebih mudah Anda mengikuti suara Imam, tidak salahnya Anda mengiringinya denganmushaf kecil.

Mushalla As Shahidin
Nah ini dia, mushalla yang paling digemari kaum muda Banda Aceh sepanjang Ramadhan. Mushalla ini kerap disebut Masjid Bulog. Sebab letaknya di lingkungan kantor Bulog Aceh yang bersebelahan dengan komplek DPRA. Kapasitas mushalla ini kecil, panitia terpaksa menambah beberapa tenda di halamannya guna menampung jamaah. Bacaan Imam yang tak panjang, dan ceramah yang singkat, menjadikan masjid ini salah satu tempat pelaksanaan salat tarawih paling cepat di kota Banda Aceh. Inilah daya tariknya. Tak heran hingga malam terakhir mushalla ini tetap dipenuhi jamaah. Sama hal dengan Masjid raya Baiturrahman, jika Anda ingin salat tarawih di sini Anda harus datang lebih awal.


Itulah beberapa masjid yang menjadi favorit umat muslim di Banda Aceh untuk melaksanakan ibadah salat Tarawih.Namun,masih ada banyak masjid-masjid di Banda Aceh yang tidak kalah favorit dengan 5 masjid diatas tersebut

Dan semoga tidak hanya di bulan Ramadhan masjid-masjid ramai dikunjungi,semoga di bulan-bulan lain juga bisa seramai bulan suci Ramadhan ini,serta penulis turut berduka cita atas bencana yang baru-baru ini menimpa daerah Aceh dan sekitarnya.Semoga para korban dari bencana itu memperoleh ampunan dan diterima di sisi-nya.Dan bagi keluarga korban bencana tersebut memperoleh ketabahan dari Allah swt.Amin

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan cerdas dan bijak.Diharapkan anda tidak berkomentar dengan komentar yang berbau sara,rasis,dll
Terima kasih