Minggu, 18 Agustus 2013

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Aceh

Aceh Semarak Merah Putih

BANDA ACEH - Peringatan HUT ke-68 RI yang berlangsung di seluruh wilayah Aceh, Sabtu (17/8) dilaporkan berjalan lancar dan khidmat. Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Zahari Siregar mengungkapkan, sebanyak 3,5 juta lembar Merah Putih berkibar di Aceh yang sekaligus membuktikan kecintaan masyarakat daerah ini pada Merah Putih dan NKRI.

“Banyaknya masyarakat yang hadir di tempat-tempat upacara peringatan HUT RI dan berkibarnya bendera Merah Putih di wilayah Aceh mencapai 3,5 juta lembar, membuktikan kecintaan rakyat Aceh terhadap NKRI. Atas kecintaan masyarakat terhadap bendera Merah Putih, kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya,” kata Pangdam Zahari Siregar usai upacara puncak peringatan HUT ke-68 RI di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (17/8).
Menurut Pangdam, peringatan HUT ke-68 RI di seluruh Aceh dihadiri puluhan bahkan ratusan ribu masyarakat termasuk yang dilaksanakan di ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh. Peringatan HUT RI kali ini diwarnai atraksi terjun payung oleh TNI AU di beberapa daerah seperti Lhokseumawe, Seneuddon, Bireuen, Aceh Barat (Kaway XVI) termasuk Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Pangdam Iskandar Muda juga menyatakan sangat puas karena Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah memenuhi janjinya menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Blang Padang.

“Ini membuktikan bahwa perdamaian Aceh yang telah berjalan delapan tahun semakin kuat dan kokoh di Tanah Rencong ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh yang telah menghadiri upacara peringatan HUT ke-68 RI dan mengibarkan bendera Merah Putih di 23 kabupaten/kota,” tandas Pangdam Iskandar Muda.

Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo menyatakan, rakyat Aceh sangat cinta dengan NKRI yang dibuktikan dengan antusiasnya mereka memeriahkan HUT ke-68 Kemerdekaan RI di seluruh pelosok provinsi ini.

“Antusias masyarakat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI sangat besar, sehingga Bendera Merah Putih berkibar di mana-mana hingga ke pelosok desa,” katanya usai upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, kemarin.

Upacara yang turut dihadiri Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Suhastir Susmex, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Hipdizah, Wakil Bupati Aceh Utara Muhammad Jamil dan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agus Tri Antoni itu juga dihadiri seribuan warga.

Pangkostrad menyatakan, bila melihat antusias masyarakat yang mengibarkan Bendera Merah Putih menunjukkan rakyat Aceh cinta NKRI.
LKBN Antara melaporkan, bendera Merah Putih berkibar di sepanjang jalan lintas pantai timur-utara dan barat-selatan Aceh. Bendera tersebut berkibar empat hari sebelum peringatan puncak HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2013.
Pantauan di daerah-daerah, hampir di sepanjang jalan negara dan provinsi di Aceh berkibar dengan rapi Bendera Merah Putih yang dipasang masyarakat dan anggota TNI/Polri. Selain di sepanjang jalan, masyarakat juga mengibarkan bendera Merah Putih di rumah masing-masing.

Untuk membantu masyarakat, pihak pemerintah melalui Polri dan TNI membagi-bagikan bendera untuk dikibarkan menjelang HUT RI tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan cerdas dan bijak.Diharapkan anda tidak berkomentar dengan komentar yang berbau sara,rasis,dll
Terima kasih