Minggu, 30 Desember 2012

Blang Padang:Tempat Favorit di Hari Libur



Bagi para rakyat Aceh khususnya Banda Aceh pasti mengenal apa itu "Blang Padang".Ya Blang Padang merupakan sebuah lapangan besar yang memiliki luas sekitar 8 hektar ini terletak di jantung kota Banda Aceh
Blang Padang merupakan lapangan yang terletak di Pusat Kota Banda Aceh, tepatnya di depan rumah walikota.
Terdapat banyak rumah pejabat penting, kantor, sekolah, dan lain-lain yang menghadap ke Lapangan ini. Lapangan Blang Padang biasanya digunakan untuk upacara bendera ataupun perayaan kenegaraan yang diselenggarakan di Nanggroe Aceh Darussalam.
Lapangan Blang padang memang tidak terbuka untuk umum, tapi kalo untuk jogging lapangan blang padang sangat terbuka untuk siapa saja. Setiap hari anda bisa jogging di jogging track, jogging track sangat nyaman dan aman karena di desain dari beton yang tidak licin, dilengkapi dengan saluran drainase di kanan dan kirinya. Pada hari minggu dan rabu pagi di Blang padang Rutin diselenggarakanan Senam jantung sehat dan senam poco-poco, siapa saja boleh ikut senam, ya seminggu sekali lumayan lah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung.

Di sini juga tersedia berbagai makanan untuk anda sarapan ada bubur ayam Jakarta, bubur kacang ijo, siomay, ketoprak, aneka kue, roti, dan segala macam ada disitu. Anda tidak ingin oleh raga, Cuma pengen cari sarapan atau sekedar ngeceng? Sah sah aja mampir di lapangan Blang padang, itung itung mengolahragakan jiwa dan pikiran, besoknya stress dan penat di tempat kerja, disekolah, di kampus dijamin ilang dan segar kembali.

Anda Masih ingat dengan pesawat Indonesian Airways pertama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang merupakan persembahan dari rakyat Aceh. Pesawat ini merupakan kebanggaan rakyat Aceh karena mampu memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia yang saat itu belum mempunyai pesawat sendiri, sehingga dijadikan monumen dan diletakkan di pojok sebelah kanan dari lapangan blang padang.


Lapangan ini juga merupakan salah satu saksi bisu dari peristiwa tsunami pada tahun 2004 lalu. Lapangan imi banyak di manfaatkan warga Banda Aceh untuk melakukan aktifitas di pagi dan sore hari, yaitu untuk berolahraga. Biasanya banyak yang lari pagi dan main bola. Kalau hari minggu pagi ada senam bersamanya. Yang menarik dari lapangan ini setelah tsunami, lapangan ini telah di hiasi dengan miniatur kapal-kapal yang ditulisi ucapan terima kasih kepada negara-negara yang telah membantu Aceh pasca tsunami(Aceh Thanks the World).

 


Jadi,Blang Padang ini sendiri merupakan sebuah kebanggan rakyat Banda Aceh,dan juga sebagai monumen ucapan "Terima Kasih dari Aceh untuk Dunia"

0 komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan cerdas dan bijak.Diharapkan anda tidak berkomentar dengan komentar yang berbau sara,rasis,dll
Terima kasih