Kamis, 15 November 2012

Apa itu Ulee Lheue?


          Jika kalian memperhatikan dengan seksama pasti kalian pernah membaca nama Ulee Lheue.Ya nama itu terdepat pada nama situs blog ini yaitu www.uleelheu.blogspot.com ,dan jika kalian memperhatikan dengan seksama lagi pasti kalian akan menemukan keanehannya yaitu kurang “e” pada kata “lheu”.Kenapa bisa?karena pada saat ingin memasukan kata “UleeLheue.blogspot.com” ditolak/tidak bisa.Dan akhirnya dengan mengurangi “e” baru bisa
          Menurut wikipedia Ulee Lheue adalah sebuah gampong di kecamatan Meuraksa,kota Banda Aceh,provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,Indonesia.Di gampong inilah terletak Pelabuhan Ulee Lheue
          Ulee Lheue memang adalah sebuah gampong(kapung dalam bahasa aceh),yang terletak di dekat pantai Ulee Lheue biasanya di setiap sore di hari apapun di Ulee Lheue tepatnya dipinggir pantai Ulee Lheue ramai dikunjungi oleh warga Banda Aceh,di sekitar pantai Ulee Lheu juga terdapat banyak jajanan seperti kacang,jagung,burger,dll.
         Warga yang datang biasanya kebanyakan menikmati indahnya panorama pantai itu dengan jajanan di sekitarnya namun ada juga yang berenang di pantai itu ada juga yang ke pelabuhan Ulee Lheue,biasanya warga yang ke pelabuhan Ulee Lheue adalah warga yang pergi menyeberang ke SABANG melalui kapal.
Para pedagang yang berjualan di sekitar pantai
Ulee lheu saat lumayan ramai
Ulee Lheue saat dulu
Gerbang pelabuhan Ulee lheue
Inilah pemandangan pantainya saat sepi
Jalan Ulee Lheue menuju pelabuhan


Ulee Lheue adalah wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh :D





2 komentar:

  1. asal usul dari kata ulee lheue dari mana ???

    BalasHapus
  2. Sejarah di mulai ketika ratu safiatuddin menitahkan ulama utk mencari hukum bahwa perempuan boleh menjadi pemimpin.banyak ulama menjadi korban karena tidak menemukan hukum bahwa perempuan boleh menjadi pemimpin. Ratu murka semua ulama yang tidak mendukung di habisi termasuk tgk hamzah fansuri. Dia menenteng kepala nya sendiri.setelah di tebas.disitulah sebutan ulee lheuh. Dan nama ujung pancu singkatan dari nama pansuri disebut pancu.
    Sumber dari berbagai cerita rakyat.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan cerdas dan bijak.Diharapkan anda tidak berkomentar dengan komentar yang berbau sara,rasis,dll
Terima kasih